Kisi kisi ukk 2016 x
KISI-KISI ULANGAN SEKOLAH BERSAMA SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2014 - 2015
MATA PELAJARAN : BAHASA JAWA
KELAS/PROGRAM : X/SEMUA JURUSAN
SATUAN PENDIDIKAN : SMK ……………..
ALOKASI WAKTU : 60 MENIT
ACUAN KURIKULUM : KURIKULUM 2013
JUMLAH SOAL : 30 PG & 5 URAIAN
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Bentuk Soal
Nomor Soal
Bobot Soal
1.
3.1 Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Sinom.
Tembang Sinom
Siswa dapat menyebutkan jenis tembang
PG
3
Sdg
Siswa dapat menyebutkan paugeran tembang Sinom.
PG
1,2,4
M
Siswa dapat mengetahui asal-usul tembang Sinom
PG
5
Sdg
Siswa dapat menyebutkan watak tembang Sinom
PG, Uraian
6,31
Sdg
4.1 Menanggagpi isi Serat Wedhatama pupuh Sinom dan menulis, serta menyajikan syair tembang Sinom dengan bahasa sendiri.
Siswa dapat menyebutkan makna yang terkandung dalam tembang Sinom.
Uraian
32
S
2.
3.2 Memahami isi teks crita Mahabharata (Bima Bungkus).
Cerita Wayang
Siswa dapat menganalisis crita wayang lakon Bima Bungkus.
PG
8, 9, 10, 11
Sdg
Siswa dapat menyebutkan unsur intrinsik crita wayang.
PG
7,12,34
Sdg
4.2 Menulis sinopsis teks cerita teks Mahabharata (Bima Bungkus) dan menyajikanya.
Siswa dapat menulis sinopsis crita wayang.
Uraian
33
S
3
3.3 Menelaah teks pranatacara.
Teks Pranatacara
Siswa dapat menjelaskan istilah pranatacara.
PG
13
M
Siswa mengetahui syarat-syarat menjadi pranatacara yang baik.
PG
14
Sdg
Siswa dapat menyebutkan bagian dari pranatacara.
PG, Uraian
15, 16,17,18,36
Sdg
4.3 Membaca teknik teks panatacara.
Siswa dapat membaca teks pranatacara
Uraian
36
Sdg
4
3.4 Memahami isi teks deskriptif tentang makanan tradisional Jawa.
Makanan tradisional Jawa
Siswa dapat menyebutkan makanan tradisional Jawa dalam sebuah gambar.
PG
21
M
Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis makanan tradisional Jawa.
PG, Uraian
20, 22,23,24, 37
Sdg
4.4 Menanggapi dan menceritakan kembali isi teks deskriptif tentang makanan tradisional Jawa.
Siswa dapat menyebutkan cara melestarikan makanan tradisional Jawa.
PG
38
Sdg
Siswa dapat siswa dapat menyebutkan contoh panyandra, yogyaswara, pepindhan, dan tembung entar
PG
25,26
M
5
3.5 Mengidentifikasi kaidah penulisan aksara Jawa dalam dua paragraf yang menggunakan aksara angka.
Aksara Jawa
Siswa dapat membaca kalimat beraksara Jawa yang memuat angka Jawa
PG, Uraian
29,39
M
Siswa dapat menulis kalimat dari aksara latin menjadi aksara Jawa
PG
27, 28,30
Sdg
4.5 Menulis dan menyajikan dua paragraf berhuruf Jawa yang menggunakan
aksara angka.
Siswa dapat menulis kalimat beraksara Jawa menjadi aksara latin.
Uraian
40
Sdg
Ket:
M : Mudah
Sdg : Sedang
S : Sulit
TAHUN PELAJARAN 2014 - 2015
MATA PELAJARAN : BAHASA JAWA
KELAS/PROGRAM : X/SEMUA JURUSAN
SATUAN PENDIDIKAN : SMK ……………..
ALOKASI WAKTU : 60 MENIT
ACUAN KURIKULUM : KURIKULUM 2013
JUMLAH SOAL : 30 PG & 5 URAIAN
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Bentuk Soal
Nomor Soal
Bobot Soal
1.
3.1 Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Sinom.
Tembang Sinom
Siswa dapat menyebutkan jenis tembang
PG
3
Sdg
Siswa dapat menyebutkan paugeran tembang Sinom.
PG
1,2,4
M
Siswa dapat mengetahui asal-usul tembang Sinom
PG
5
Sdg
Siswa dapat menyebutkan watak tembang Sinom
PG, Uraian
6,31
Sdg
4.1 Menanggagpi isi Serat Wedhatama pupuh Sinom dan menulis, serta menyajikan syair tembang Sinom dengan bahasa sendiri.
Siswa dapat menyebutkan makna yang terkandung dalam tembang Sinom.
Uraian
32
S
2.
3.2 Memahami isi teks crita Mahabharata (Bima Bungkus).
Cerita Wayang
Siswa dapat menganalisis crita wayang lakon Bima Bungkus.
PG
8, 9, 10, 11
Sdg
Siswa dapat menyebutkan unsur intrinsik crita wayang.
PG
7,12,34
Sdg
4.2 Menulis sinopsis teks cerita teks Mahabharata (Bima Bungkus) dan menyajikanya.
Siswa dapat menulis sinopsis crita wayang.
Uraian
33
S
3
3.3 Menelaah teks pranatacara.
Teks Pranatacara
Siswa dapat menjelaskan istilah pranatacara.
PG
13
M
Siswa mengetahui syarat-syarat menjadi pranatacara yang baik.
PG
14
Sdg
Siswa dapat menyebutkan bagian dari pranatacara.
PG, Uraian
15, 16,17,18,36
Sdg
4.3 Membaca teknik teks panatacara.
Siswa dapat membaca teks pranatacara
Uraian
36
Sdg
4
3.4 Memahami isi teks deskriptif tentang makanan tradisional Jawa.
Makanan tradisional Jawa
Siswa dapat menyebutkan makanan tradisional Jawa dalam sebuah gambar.
PG
21
M
Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis makanan tradisional Jawa.
PG, Uraian
20, 22,23,24, 37
Sdg
4.4 Menanggapi dan menceritakan kembali isi teks deskriptif tentang makanan tradisional Jawa.
Siswa dapat menyebutkan cara melestarikan makanan tradisional Jawa.
PG
38
Sdg
Siswa dapat siswa dapat menyebutkan contoh panyandra, yogyaswara, pepindhan, dan tembung entar
PG
25,26
M
5
3.5 Mengidentifikasi kaidah penulisan aksara Jawa dalam dua paragraf yang menggunakan aksara angka.
Aksara Jawa
Siswa dapat membaca kalimat beraksara Jawa yang memuat angka Jawa
PG, Uraian
29,39
M
Siswa dapat menulis kalimat dari aksara latin menjadi aksara Jawa
PG
27, 28,30
Sdg
4.5 Menulis dan menyajikan dua paragraf berhuruf Jawa yang menggunakan
aksara angka.
Siswa dapat menulis kalimat beraksara Jawa menjadi aksara latin.
Uraian
40
Sdg
Ket:
M : Mudah
Sdg : Sedang
S : Sulit
Komentar
Posting Komentar